Jumat, 27 Januari 2017

Manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bagi Ibu dan Bayi

Mungkin ada yang belum tahu tentang inisiasi menyusui dini (IMD). IMD adalah usaha aktif si kecil untuk menyusu kepada ibu dalam 1 jam pertama kelahiran. Biasanya, proses ini difasilitasi oelh dokter atau tenaga kesehatan lainnya yang menolong persalinan. IMD dilakukan dengan cara menempatkan bayi pada dada atau perut sang ibu, lalu dia tanpa dibantu akan mencari sendiri sumber ASI (Air Susu Ibu) dan menyesap ASI.


Proses inisiasi menyusui dini sangatlah penting untuk perkembangan si kecil. mengingat ASI terbukti sangat bermanfaat sebagai makanan utama serta untuk pertahanan tubuh bayi. Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti betapa pentingnya prosedur IMD untuk bayi. WHO organisasi kesehatan dunia menganjurkan agar proses inisiasi menyusui dini dilakukan selama satu jam pertama kelahiran bayi. 

Bukan tak ada alasannya WHO merekomendasikan prosedur inisiasi menyusui dini. Pasti terdapat banyak manfaat dan khasiatnya bagi bayi. Nah, berikut ulasannya!

Manfaat inisiasi menyusui dini
•    Memberikan kesempatan pada si kecil untuk memperoleh kolostrum yakni tetes ASI pertama dari sang ibu. ASI ini sangat kaya nutrisi dan bisa membantu pencegahan penyakit. cairan ASI pertama umumnya, sangat padat, berwarna kuning dan hanya banyaknya hanya sekitar satu sendok teh.
•    Proses inisiasi menyusui dini menunjang keberhasilan pemberian ASI eksklusif sampai 4 bulan selanjutnya. ASI eksklusif berarti makanan bayi hanyalah ASI tanpa makanan padat atau cairan lainnya termasuk air putih.
•    Fakta menunjukkan kalau kulita bayi yang baru lahir segera bersentuhan dengan kulit ibunya, maka bisa membangun keintiman antara sang ibu dan bayi.
•    Inisiasi menyusui dini membuat bayi tetap hangat setelah keluar dari rahim sang ibu.
•    Bayi akan menjadi lebih tenang dan tidak terlalu sering menangis. Secara tidak langsung proses ini membuat bayi lebih kuat dan merasa aman.
•    Dapat mengurangi jumlah kematian bayi baru lahir. Sebab, ASI mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.
•    Menstabilkan pernapasan bayi setelah dilahirkan.
•    Meningkatkan kesehatan sang ibu dan mempercepat kepulihan setelah proses persalinan. 

Untuk mendapatkan banyak manfaat dari inisiasi menyusui dini, Anda harus berusaha semaksimal mungkin. Jika tenaga kesehatan sudah memberikan bayi Anda setelah persalinan maka, segera jalankan prosedur ini. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus banyak membaca dan membaca tentang perawatan bayi dengan baik dan benar. 

Demikianlah manfaat inisiasi menyusui dini bagi sang ibu dan bayinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu dibagikan kepada orang terdekat.


EmoticonEmoticon